Eradikasi H. pylori Kurangi Gejala Dispepsia

J Athene L, Liam JM, Sian N, Mathias E, Ian MH, Jenny LD, Prakash N, Richard FH. Impact of Helicobacter pylori eradication on dyspepsia, health, resource, use, and quality of life in Bristol helicobacter project; randomised controlled trial. BMJ 2006; 332:199-204

cover

Penelitian dilakukan untuk menentukan pengaruh skrining Helicobacter pylori (H. pylori) dan program eradikasinya terhadap kasus dyspepsia, kualitas hidup pasien, termasuk analisis biaya yang harus dikeluarkan. Parameter utama yang digunakan yaitu jumlah pasien yang berkonsultasi dengan keluhan dispepsia (ditandai dengan nyeri lambung) pada dua tahun setelah eradikasi. Sedangkan gejala dispepsia, biaya pengobatan, biaya kesehatan nasional, dan kualitas hidup digunakan sebagai parameter sekunder.

Peserta adalah kelompok penduduk yang sebelumnya telah dilakukan skrining H.pylori dan memberikan hasil positif. Secara acak, peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk mendapatkan terapi eradikasi atau plasebo. Dua tahun setelah pengobatan, peneliti membandingkan jumlah pasien yang datang berkonsultasi dengan keluhan dispepsia. Hasilnya menunjukkan bahwa jumlah pasien yang berkonsultasi lebih sedikit pada kelompok yang menerima pengobatan eradikasi H.pylori dibanding kelompok yang menerima plasebo. Hasil lainnya menunjukkan tidak ada perbedaan kualitas hidup di antara dua kelompok peserta, namun biaya yang dikeluarkan oleh kelompok yang menerima pengobatan eradikasi H.pylori lebih tinggi.

Berdasarkan penelitian itu, pemeriksaan dan eradikasi H.pylori ternyata dapat mengurangi secara signifikan jumlah orang yang berkonsultasi dengan keluhan dyspepsia dan jumlah orang yang mengalami gejalanya selama dua tahun setelah pengobatan. Keuntungan ini sebanding dengan biaya pengobatan untuk membasmi H.pylori, sehingga metode eradikasi pada pasien dispepsia lebih disukai. Oleh karena itu, pemeriksaan dan eradikasi H.pylori memungkinkan dan efektif diterapkan pada masyarakat umum. primz

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain?Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2009 Stetoskop. All Rights Reserved.

About these ads

2 Responses to “Eradikasi H. pylori Kurangi Gejala Dispepsia”

  1. prima kusumastuti Says:

    jurnal review yang bagus..
    tapi saya usulkan lebih baik lagi kalau dikasih link journalnya..
    thanks..

  2. prima almazini Says:

    @ prima kusumastuti:
    Makasih sarannya. Journal link’s appear now :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: