Osirix, Peranti Lunak Pencitraan Kedokteran

Tubuh manusia adalah objek yang sangat rumit dan menarik. Dengan peranti lunak Osirix, kita dapat melihatnya dalam bentuk gambar 4D yang bisa kita perbesar dan eksplorasi sesuai keinginan kita.

Osirix. Nama program ini mungkin akan mengingatkan Anda pada Dewa Kehidupan, Kematian, dan Kesuburan zaman Mesir, Osiris. Faktanya aplikasi ini memang ada hubungannya dengan hal tersebut, yaitu sebagai sebuah peranti lunak kedokteran untuk melihat potongan tubuh manusia yang telah di-scan.

Osirix merupakan peranti lunak yang didedikasikan khusus untuk gambar DICOM (ekstensi “.dcm”) yang diproduksi oleh peralatan pencitraan (MRI, CT, PET, PET-CT, SPECT-CT, Ultrasound). Tampilan dan interpretasi sebuah gambar yang diperoleh dengan cara mengkombinasi data tiga dimensi yang didapat dengan dua modalitas yang berbeda (misalnya PET dan CT) pada subjek yang sama membutuhkan perangkat peranti lunak kompleks seperti Osirix yang memungkinkan pengguna untuk mengatur parameter gambar.

Osirix telah didesain secara spesifik untuk navigasi dan visualisasi dari berbagai modalitas dan gambar multidimensional: 2D, 3D, 4D (series 3D dengan dimensi waktu sesaat, contoh: Cardiac CT) dan 5D (series 3D dengan dimensi waktu sesaat dan fungsional, contoh: Cardiac PET-CT). 3D viewer didukung seluruh mode rendering modern: multiplanar reconstruction (MPR), surface rendering, volume rendering and maximum intensity projection (MIP). Seluruh mode ini mendukung data 4D dan dapat menghasilkan gabungan gambar antara 2 series yang berbeda (contohnya PET-CT).

Selain DICOM, Osirix dapat digunakan untuk membaca format file lain seperti: TIFF (8,16, 32 bits), JPEG, PDF, AVI, MPEG, dan Quicktime. Osirix pun dapat digunakan untuk menerima transfer gambar oleh protokol komunikasi DICOM dari berbagai Picture Achiving and Communication Systems (PACS) atau modalitas pencitraan.

Proyek pembuatan Osirix dimulai pada tahun 2003 di California, Amerika Serikat. Perangkat lunak ini dibuat dan dikembangkan oleh Dr. Antoine Rosset, dengan bantuan dari Joris Heuberger, seorang ilmuwan komputer. Dr. Antoine Rosser adalah seorang radiologis, spesialis dalam bidang MRI dan CT dan bekerja di Rumah Sakit LaTour. Mereka sama-sama bekerja di Jenewa, Swiss.

Osirix kini tersedia dalam format 32-bit dan 64-bit. Versi 64-bit menyediakan fasilitas untuk memuat jumlah gambar yang tak terbatas, melebihi batas 4-GB dari aplikasi 32-bit. Versi 64-bit juga dioptimalkan oleh prosesor multi-cores Intel, menawarkan performa terbaik untuk proses rendering 3D. OsiriX hanya tersedia untuk pengguna operating system MAC OS X versi 10.4 atau lebih dan prosesor PPC/Intel Mhz.

Saat ini, Osirix digunakan secara luas oleh para dokter di rumah sakit untuk membaca secara cepat gambar DICOM dan memahami bagaimana melihat gambar 4D (gambar 3D dengan peristiwa sesaat di dalamnya, misalnya denyut jantung). Gambar hasil pencitraan dapat dilihat dalam format 3D, dapat diperbesar, dan diperjelas detailnya. Hal ini memberikan pemahaman yang sempurna mengenai bentuk organ manusia dan dapat berguna untuk interpretasi dan sebagai sarana pembelajaran untuk mahasiswa kedokteran.

Peranti lunak Osirix dapat diunduh gratis di sini. Beberapa contoh file DICOM dapat diunduh di sini. Tutorial penggunaan peranti lunak ini banyak tersedia di You Tube dengan kata kunci pencarian “Osirix”. Selamat mencoba!

Video demo Osirix:

Sumber:
1. Anonim. About OsiriX. Available from: http://www.osirix-viewer.com/AboutOsiriX.html
2. Migliorini F. Process DICOM images. Available from: http://osirix.en.softonic.com/mac
3. Rosset A, Spadola L, Pysher, Ratib O. Informatics in radiology (infoRAD): navigating the fifth dimension: innovative interface for multidimensional multimodality image navigation. Radiographics. 2006 Jan-Feb;26(1):299-308.
4. OsiriX Demo. You Tube. Available from: http://www.youtube.com/watch?v=xDLrGW89CLM&feature=related

(Catatan: artikel ini dimuat di Majalah Cermin Dunia Kedokteran edisi Agustus 2010)

Artikel yang Berhubungan:
* Teknologi Informasi Membantu Komunikasi Dokter-Pasien
* Memanfaatkan Situs Jejaring Sosial

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain?Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2010 Stetoskop. All Rights Reserved.

About these ads

One Response to “Osirix, Peranti Lunak Pencitraan Kedokteran”

  1. Yayan A.I Says:

    Artikel yang menarik….
    terima kasih atas infonya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: