Enam Rapid Test HIV yang Telah Disetujui FDA

Selain INSTI HIV-1 Antibody Test, sebelumnya sudah ada 6 buah perangkat uji cepat (rapid test) HIV lain yang telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA). Inilah keenam rapid test tersebut.

OraQuick Rapid HIV-1 / 2 Antibody Test

OraQuick adalah tes antibodi yang menggunakan spesimen darah utuh (whole blood) yang diambil dari ujung jari maupun fungsi vena, cairan dari mulut dan plasma. OraQuick dapat memberikan hasil dalam 20 menit. Darah, plasma atau cairan dari mulut dicampur dalam vial dengan larutan developer dan hasilnya dibaca dari perangkat pengujian berbentuk stick. OraQuick dapat mendeteksi antibodi HIV-1 dan HIV-2.

Untuk melakukan pengujian, letakkan botol larutan developer dalam dudukan plastik. Dudukan harus diposisikan sedemikian rupa hingga perangkat uji terletak pada sudut yang benar untuk memastikan hasil tes yang akurat.

Untuk pengambilan spesimen fingerstick, bersihkan ujung jari dengan alkohol dan tusuk ujung jari dengan lanset (jarum) untuk mendapatkan setetes kecil darah. Darah dikumpulkan dengan loop spesimen dan dipindahkan ke botol plastik kecil berisi larutan developer dengan volume tertentu yang telah diukur, kemudian sampel dicampur. Proses pengujian yang sama juga berlaku untuk darah utuh yang diperoleh melalui fungsi vena atau plasma.

Untuk darah utuh, masukkan loop spesimen ke dalam tabung darah setelah tabung telah terbalik untuk memastikan bahwa darah sepenuhnya tercampur. Untuk plasma, pertama, centrifuge darah untuk memisahkan sel darah dari plasma, dan masukkan loop spesimen ke plasma. Kemudian masukkan loop spesimen ke dalam botol uji lalu dicampur.

Untuk cairan oral, kumpulkan spesimen dengan menggunakan bantalan penyerap di ujung perangkat uji untuk spons permukaan luar pada gusi atas dan bawah. Kemudian masukkan alat uji ke dalam botol uji. Hasil tes harus dibaca tidak lebih cepat dari 20 menit, tetapi tidak lebih dari 40 menit, setelah perangkat OraQuick dimasukkan ke larutan developer.

Hasil uji dapat dibaca langsung pada perangkat OraQuick. Jika 1 pita kemerahan muncul di baris kontrol (C), hasil tes adalah negatif untuk antibodi HIV (sensitivitas 99,8%). Jika 2 pita kemerahan muncul, satu di baris kontrol (C) dan satu di baris tes (T) , tes adalah “reaktif”, artinya, hasil tes awal positif untuk antibodi HIV-1 atau HIV-2 (sensitivitas 99,3%).

Jika tidak ada pita muncul di baris C, jika ada pita muncul di luar baris C atau T, atau jika latar belakang merah muda-merah muncul di jendela perangkat, artinya tes ini tidak sah dan harus diulang. Jangka waktu penggunaan alat ini adalah sampai 6 bulan dari data pembuatan jika disimpan pada suhu kamar. Jangka waktu penggunaan larutan kontrol adalah 1 tahun jika belum dibuka atau 8 minggu setelah pembukaan jika disimpan di lemari pendingin. Penjelasan lebih lengkap dapat membuka website produsen di http://orasure.com.

Reveal G3 Rapid HIV-1 Antibodi Test

Uji Reveal G3 hanya dapat mendeteksi antibodi terhadap HIV-1. Uji Reveal G3 menggunakan spesimen plasma atau serum.

Untuk melakukan pengujian, ambil spesimen darah dari vena dan centrifuge spesimen untuk memisahkan sel darah dari serum atau plasma. Masukkan larutan buffer ke dalam catridge tes, dan diamkan agar diserap.Tambahkan spesimen serum atau plasma ke catridge tes dan tunggu sampai diserap. Kemudian letakkan tutup (InstaGold cap) di atas cartridge dan tambahkan 12 tetes larutan buffer. Kemudian lepaskan tutup dan hasil tes dapat dibaca langsung dari cartridge. Tambahkan 3 tetes larutan buffer untuk memperjelas hasil tes.

Sebuah pita merah pada catridge tes menunjukkan hasil tes adalah nonreaktif, yaitu, negatif untuk antibodi HIV-1. Titik merah dengan pita merah pada catridge tes menunjukkan hasil tes adalah reaktif, yaitu, tes awal positif antibodi HIV-1.

Tidak adanya pita merah pada catridge setelah tes telah dilakukan atau muncul latar belakang merah muda-merah di seluruh jendela cartridge menunjukkan bahwa tes ini adalah tidak sah dan harus diulang.

Kontrol eksternal (spesimen HIV positif dan negatif) positif dan negatif harus dilarutkan dengan larutan buffer. Reagen kontrol ini, masing-masing cukup untuk 5 kali tes dan dapat tahan disimpan dalam lemari es hingga 7 hari. Kontrol eksternal harus dijalankan oleh setiap operator baru sebelum melakukan pengujian pada spesimen pasien, setiap kali alat tes baru yang digunakan.

Jangka waktu penggunaan alat ini adalah sampai 12 bulan dari tanggal pembuatan jika disimpan pada suhu kamar. Penjelasan lebih lanjut mengenai alat tes ini dapat diperoleh dengan mengunjungi website produsen di http://reveal-hiv.com.

Recombigen Uni-Gold HIV Test

Uni-Gold adalah tes untuk mendeteksi antibodi HIV-1 yang memberikan hasil dalam 10-12 menit. Spesimen yang digunakan adalah darah utuh (whole blood) yang diperoleh dari ujung jari atau fungsi vena, plasma, dan serum.

Untuk melakukan pengujian, ambil spesimen yang memadai (serum, plasma, atau darah utuh) dengan pipet yang disertakan dalam kit, atau ambil spesimen darah dari ujung jari dengan pipet yang disediakan untuk tujuan ini.

Pegang pipet secara vertikal di atas port sampel dan tambahkan 1 tetes spesimen. Tambahkan 4 tetes larutan pencuci dari botol penetes ke port sampel. Tunggu 10 menit.

Hasil uji dibaca langsung dari perangkat 10 hingga 12 menit setelah spesimen ditambahkan. Sebuah garis kemerahan di baris “kontrol” tanpa garis di baris “test” menunjukkan bahwa hasil tes ini adalah negatif untuk antibodi HIV-1. Sebuah garis kemerahan dalam intensitas berapapun baik di baris “test” dan “kontrol” daerah menunjukkan tes ini adalah “reaktif”, yaitu awal positif antibodi HIV-1. Tidak ada garis di baris “kontrol” (terlepas dari garis membentuk di baris “test”) atau garis tidak berdekatan dengan daerah masing-masing menunjukkan tes tidak valid dan harus diulang.

Larutan kontrol eksternal positif dan negatif harus diuji oleh setiap operator baru sebelum melakukan pengujian pada spesimen pasien setiap kali alat tes baru yang digunakan, Larutan kontrol eksternal ini tidak disertakan dengan alat tes dan harus dipesan secara terpisah dari produsen. Larutan kontrol membutuhkan pendinginan dan dapat disimpan selama 21 hari setelah dibuka. Jangka waktu penggunaan kita adalah sampai 1 tahun dari tanggal pembuatan jika disimpan pada suhu kamar. Informasi lebih lanjut mengenai UniGold dapat diperoleh di website produsen http://unigoldhiv.com.

Multispot HIV-1/HIV-2 Rapid Test

Uji multispot dapat mendeteksi antibodi HIV-1 dan HIV-2. Untuk melakukan pengujian, pertama adalah mengencerkan spesimen dengan pengencer spesimen dan kemudian menambahkannya ke catridge tes melalui prefilter. Setelah spesimen yang telah diencerkan tersebut diserap, lepas prefilter. Jika antibodi terhadap HIV-1 dan atau HIV-2 terkandung dalam spesimen maka antibodi akan mengikat antigen pada mikropartikel di titik-titik tertentu pada membran cartridge. Tambahkan konjugat ke cartridge. Konjugat akan mengikat kompleks antibodi-antigen pada membran cartridge.

Cara penggunaan MultiSpot HIV-1/HIV-2 Rapid Test (klik untuk memperbesar gambar)

Lakukan langkah pencucian untuk menghilangkan konjugasi terikat. Tambahkan development reagent dan stop solution pada catridge. Periksa membran visual untuk kehadiran warna ungu di tempat kontrol prosedural dan di tempat tes.

Interpretasi hasil uji MultiSpot HIV-1/HIV-2 Rapid Test (klik untuk memperbesar gambar)

Hasil uji dibaca langsung dari perangkat setiap saat setelah ujian selesai. Titik procedural control akan berubah berwarna ungu jika tes telah dilakukan dengan benar. Jika tidak ada warna muncul di tempat kontrol, tes ini tidak sah dan harus diulang dengan catridge baru. Jangka waktu penggunaan kit sampai 1 tahun apabila disimpan di lemari pendingin atau 3 bulan pada suhu kamar. Untuk informasi lebih lanjut tentang tes Multispot dapat dilihat di website produsen di http://bio-rad.com.

Clearview HIV 1 / 2 Pak Stat

HIV Clearview 1 / 2 Stat Pak dapat mendeteksi antibodi HIV-1 dan HIV-2. Spesimen yang digunakan adalah darah utuh (whole blood) baik dari ujung jari ataupun fungsi vena, serum atau plasma.

Untuk melakukan pengujian, tempatkan Clearview HIV 1 / 2 Stat Pak catridge pada permukaan yang rata. Beri label pada perangkat uji dengan nama pasien atau nomor identifikasi. Tempelkan loop sampel 5 uL (disediakan dalam kit) pada spesimen, sampai spesimen untuk mengisi loop.

Pegang loop sampel secara vertikal, sentuhkan ke bantalan di tempat sampel (S) untuk memasukkan spesimen ke tempat sampel. Balikkan botol buffer dan pegang secara vertikal di atas tempat sampel (S). Tambahkan 3 tetes (sekitar 105 uL) buffer perlahan, setetes demi setetes, ke tempat sampel (S). Tunggu 15 menit.

Hasil uji dibaca langsung dari perangkat setelah 15 sampai 20 menit. Hasil uji reaktif dapat terlihat kurang dari 15 menit. Untuk memastikan hasil tes nonreaktif, tunggu sampai 15 menit. Jangan membaca hasil setelah 20 menit.

Tes reaktif akan menunjukkan dua garis merah muda atau ungu – 1 garis di daerah uji (T) dan 1 garis di daerah kontrol (C). Garis di daerah uji mungkin terlihat berbeda dari baris di daerah kontrol. Intensitas dari garis uji dan kontrol mungkin bervariasi, namun hasil tes dengan garis yang terlihat di kedua daerah uji dan kontrol, terlepas dari intensitasnya, dianggap reaktif, yang berarti bahwa antibodi HIV-1 dan atau HIV-2 terdeteksi dalam spesimen. Hasil pengujian diinterpretasikan sebagai positif awal antibodi HIV-1 dan atau HIV-2.

Tes nonreaktif akan menunjukkan 1 garis merah muda atau garis ungu di daerah kontrol, tapi tidak ada garis di daerah uji. Hasil tes nonreaktif berarti bahwa baik antibodi HIV-1 atau HIV-2 tidak terdeteksi pada spesimen. Hasil pengujian diinterpretasikan sebagai negatif untuk kedua antibodi.

Tes ini tidak berlaku jika tidak ada garis merah muda-ungu di daerah kontrol. Demikian pula, tes ini tidak valid jika ada garis muncul di luar daerah kontrol atau daerah tes. Tes tidak valid tidak bisa ditafsirkan. Tes tidak valid harus diulang dengan perangkat baru.

Jangka waktu penggunaan alat adalah sampai 24 bulan dari tanggal pembuatan jika disimpan pada suhu kamar. Untuk informasi lebih lanjut tentang Clearview HIV 1 / 2 Stat Pak dapat dilihat di website produsen di http://invernessmedicalpd.com.

Clearview Complete HIV 1 / 2

Clearview Complete HIV 1 / 2 dapat mendeteksi antibodi HIV-1 dan HIV-2 dalam darah utuh baik dari fingerstick atau fungsi vena, dan spesimen serum atau plasma. Bentuk perangkat tes ini menyerupai jarum suntik dengan ujung sampler sempit. Vial buffer sekali pakai diletakkan di bagian bawahnya.

Untuk melakukan pengujian, untuk spesimen berupa darah fingerstick, sentuhkan tetesan darah dengan ujung sampler sampai darah mengalir ke dalam dan mengisi sampler. Untuk darah dari fungsi vena, serum, atau plasma, balikkan sampler dan dengan pipet 2,5 uL masukkan spesimen ke ujung sampler. Kemudian dengan kuat tekan ujung sampler ke dalam vial buffer melalui penutup foil sampai sampler dan vial buffer bergabung menjadi satu. Tunggu 15 menit.

Hasil uji dibaca langsung dari perangkat. Baca hasil tes setelah 15 sampai 20 menit. Hasil uji reaktif dapat terlihat kurang dari 15 menit. Untuk memastikan hasil tes nonreaktif, tunggu sampai 15 menit. Jangan membaca hasil setelah 20 menit.

Tes reaktif akan menunjukkan dua garis merah muda atau ungu – 1 garis di daerah uji dan 1 garis di daerah kontrol. Hasil tes dimana ada garis muncul di kedua daerah uji dan kontrol, terlepas dari besar intensitasnya, dianggap reaktif, yang berarti bahwa antibodi HIV-1 dan atau HIV-2 terdeteksi di spesimen. Hasil pengujian diinterpretasikan sebagai positif awal antibodi HIV-1 dan atau HIV-2.

Tes nonreaktif akan menunjukkan 1 garis merah muda atau garis ungu di daerah kontrol, tapi tidak ada garis di daerah uji. Hasil tes nonreaktif berarti bahwa antibodi baik HIV-1 atau HIV-2 tidak terdeteksi pada spesimen dan hasil tes diinterpretasikan sebagai negatif untuk kedua antibodi.

Tes ini tidak berlaku jika tidak ada garis merah muda-ungu di daerah kontrol. Demikian pula, tes tidak valid jika ada garis muncul di luar daerah kontrol atau daerah uji. Tes tidak valid tidak bisa ditafsirkan. Tes tidak valid harus diulang dengan perangkat baru. Jangka waktu penggunaan alat adalah sampai 24 bulan dari tanggal pembuatan jika disimpan pada suhu kamar.[primz]

Sumber:
1. Klein, R. 2010. FDA Approves New Rapid HIV Test Delivering Results in 60 Seconds [citated December 6th, 2010]. Available from: http://blog.aids.gov/
2. Valdiserri, R. 2010. The National HIV/AIDS Strategy at the 2010 National Summit on HIV Diagnosis, Prevention, and Access to Care [citated December 5th, 2010]. Available from: http://blog.aids.gov/
3. Thunder Bird. 2010. Rapid HIV kit tests Canada’s blood policy [citated December 5th, 2010]. Available from: http://thethunderbird.ca/2009/12/02/rapid-hiv-kit-tests-canadas-blood-policy/
4. American Consumers News. FDA Approves bioLytical Laboratories’ INSTI™ Rapid HIV Test [citated December 5th, 2010]. Available from: http://www.americanconsumernews.com/
5. Gambar diambil dari: http://www.cdc.gov/, http://orasure.com/, http://cardinal.com/, http://prn.com/, http://biorad.com/.

Artikel yang Berhubungan:
* Rapid Test Semakin Cepat Mendeteksi Antibodi HIV
* RV 144: Vaksin HIV Pertama di Dunia
* STOP HIV-AIDS by Circumcision
* 1001 Jurus Melawan HIV-AIDS
* ARV Bangunkan Raksasa yang Tertidur
* ARV, Dambaan Semua ODHA

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain? Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2011 Stetoskop. All Rights Reserved.
About these ads

One Response to “Enam Rapid Test HIV yang Telah Disetujui FDA”

  1. themidwives Says:

    Nice info,..
    Ijin co-pas ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: