Efek Akupunktur pada Pasien Osteoartritis Lutut

Akupunktur di beberapa negara dijadikan terapi tambahan untuk pasien osteoartritis lutut. Namun, apakah akupunktur memberikan efek terapi yang signifikan?

Akupunktur adalah salah satu metode pengobatan tertua di dunia yang masih dipercayai khasiatnya oleh para praktisi kedokteran saat ini. Menilik sejarah akupunktur, sejak lebih kurang 3000 tahun sebelum masehi, metode akupunktur telah dikenal di Cina terutama sebagai penghilang rasa sakit. Dikenal 2 jenis pengobatan akupuntur yaitu metode akupunktur menggunakan tusuk jarum dan tanpa tusuk jarum. Manfaatnya secara ilmiah telah dibuktikan baru-baru ini. Di Jurnal Rheumatologi 2007, kajian sistematis memperlihatkan bahwa akupunktur lebih efektif dari plasebo pada penanganan pasien osteoartritis lutut.

Konsep pelayanan kesehatan terintegrasi yang mengkombinasikan terapi konvensional dengan terapi alternatif telah di coba di berbagai negara di Eropa. Akupunktur merupakan salah satu pilihan terapi alternatif yang paling populer dan diminati. Meskipun posisi akupunktur dalam lingkup pelayanan kesehatan masih kontroversial, para dokter telah memanfaatkan akupunktur sebagai metode pengobatan tambahan untuk osteoartritis. Di Inggris, 30-40% dokter umum membuka akses terhadap pengobatan akupunktur sebagai terapi tambahan untuk para pasiennya. Hasil survey menunjukkan setiap minggu sekitar 10% dokter umum mengirim pasiennya untuk mendapatkan terapi akupunktur.

Di British Medical Journal bulan Agustus 2007, Nadine dkk mempublikasikan hasil penelitiannya mengenai efek akupunktur sebagai terapi tambahan pada pasien osteartritis lutut. Akupunktur diberikan oleh fisioterapi sebagai bagian dari paket integrasi pelayanan primer bersamaan dengan edukasi dan olahraga untuk pasien lanjut usia dengan osteoartritis lutut. Penambahan akupunktur memperlihatkan tidak ada peningkatan signifikan pada nilai nyeri dibandingkan deengan peran edukasi dan olahraga sendiri diukur dengan index osteoartritis Universitas Western Ontario dan McMaster setelah 6 dan 12 bulan. Manfaat yang kecil terlihat pada dampaknya terhadap intensitas nyeri dan perasaan tidak menyenangkan. Efek ini lebih besar dan berulang lebih lama pada kelompok yang menerima akupunktur tanpa tusuk jarum daripada kelompok yang menerima akupunktur tusuk jarum.

Kesimpulannya, akupunktur aman digunakan, meskipun terdapat sedikit efek samping yang bersifat minor. Akupunktur tidak memperlihatkan manfaat terapi dibandingkan prosedur kontrol pada pasien dengan diagnosis osteoarthritis lutut. Akupunktur memperlihatkan tidak ada tambahan peningkatan pada nilai nyerii dibandingkan dengan latihan 6 sesi physiotherapy terdiri dari edukasi dan olahraga. Tambahan kecil manfaat dari akupunktur tidak signifikan secara klinik, hanya terbatas pada intensitas nyeri dan rasa tidak nyaman.

Penelitian Nadine menguak 2 hal penting mengenai efek akupunktur pada pasien osteoarthritis lutut. Pertama, memberikan informasi baru mengenai efektivitas akupunktur untuk osteoartritis lutut pada pasien lanjut usia yang diberikan sebagai tambahan terhadap paket fisioterapi yang sudah ada. Percobaan sebelumnya dari akupunktur untuk osteoartrritis lutut telah membandingkan akupunktur tusuk jarum dengan akupunktur tanpa tusuk jarum.Penelitian ini menambah bukti bahwa akupunktur menawarkan manfaat tambahan yang kurang signifikan saat diberikan bersamaan dengan paket fisioterapi berupa edukasi dan olahraga.

Kedua, penemuan ini membuat keraguan terhadap pengamatan efek akupunktur sebelumnya yang menekankan pada efek tusuk jarum dari penetrasi jarum, stimulasi manual selama terapi dan menginduksi sensasi de Qi. Percobaan ini memperlihatkan bahwa tidak ada perbedaan antara akupunktur tusuk jarum dengan akupunktur tanpa tusuk jarum pada pasien yang belum pernah akupunktur yang mengharapkan menerima akupunktur untuk menolong masalah lututnya. Namun, penelitian lebih jauh perlu untuk menginvestigasi mekanisme akupunktur, terutama mengenai peran dari efek yang diharapkan dari akupunktur. primz

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain?Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2009 Stetoskop. All Rights Reserved.

3 Responses to “Efek Akupunktur pada Pasien Osteoartritis Lutut”

  1. Firewalker Says:

    Wah wah… artikelnya edukatif sekali, mas Prima!

  2. prima almazini Says:

    Makasih udah berkunjung. Semoga bermanfaat!

  3. Hakan Tanyel Says:

    Go shares for the thank you


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: