Resensi Buku : “Manajemen Keuangan Fakultas Kedokteran”

Judul : Manajemen Keuangan Fakultas Kedokteran

Penulis : Boy S. Sabarguna, Yulia Widiasari

Penerbit : UI-Press

Tebal : 136 halaman

Berminat Menjadi Manajer Keuangan Fakultas Kedokteran?

 

keuangan

Seiring dengan perubahan status beberapa universitas negeri di Indonesia menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN), berbagai institusi pendidikan sedang gencar menata dirinya agar dapat tetap eksis dan berdiri tegak di atas kakinya sendiri. Institusi pendidikan saat ini dituntut untuk mampu mengembangkan kualitas pendidikannya, mandiri dalam bidang keuangan, dan memiliki daya saing di era globalisasi. Dampaknya, perubahan metode pengelolaan dalam berbagai bidang menjadi suatu keharusan, termasuk dalam bidang keuangan. Fakultas kedokteran sebagai salah satu institusi pendidikan pun ikut terkena dampaknya.

 

 

Dalam rangka beradaptasi dengan perubahan tersebut, FKUI saat ini sedang dalam proses penataan menuju pengelolaan keuangan yang lebih mumpuni. Dalam beberapa tahun terakhir, telah diadakan audit keuangan untuk menilai kondisi keuangan FKUI secara objektif. Hasilnya telah dipublikasikan dan diimplementasikan dalam program-program baru yang diarahkan sesuai pola Balance Score Card FKUI. Selain itu, masih hangat dalam ingatan kita beberapa bulan yang lalu FKUI meluncurkan inovasi di bidang keuangan berupa sistem keuangan terintegrasi. Sistem baru ini dapat menjamin pencatatan dan pelaporan keuangan menjadi lebih transparan dan terpercaya. Segala upaya tersebut tidak terlepas dari peran besar seorang manajer keuangan. Bila Anda seorang manajer keuangan, apa saja langkah yang harus Anda lakukan? Untuk menjawab pertanyaan itulah buku ini dibuat.

 

 

Secara umum buku ini memaparkan langkah-langkah sebagai seorang manajer dalam mengelola keuangan sebuah fakultas kedokteran. Langkah-langkah tersebut disusun berdasarkan teori dasar manajemen keuangan dan pengalaman penulis sebagai manajer keuangan FKUI. Bagi Anda yang mengharapkan sebuah buku yang mengupas tuntas segala hal mendalam mengenai teori dasar-dasar manajemen, buku ini bukan referensi yang tepat. Akan tetapi, bila Anda ingin mendapat wawasan berdasar pengalaman lapangan yang sudah teruji, maka buku ini bisa jadi pilihan bacaan Anda.

 

 

Konsep dan pemikiran penulis ditulis dengan runtut dan sistematis sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya. Sebagian besar materi ditampilkan dalam bentuk bagan berwarna dengan menggunakan garis dan panah untuk menjelaskan kaitan antara bagian satu dengan yang lain. Pembaca seolah-olah diajak menyelami langsung proses berpikir dan pertimbangan penulisnya dalam membuat keputusan dan menetapkan kebijakan.

 

 

Hadirnya buku ini patut disambut dengan antusias oleh seluruh civitas akademika FKUI. Selain sebagai bentuk apresiasi atas karya yang bermanfaat untuk orang banyak, juga guna menumbuhkan budaya menulis dan semakin mengembangkan iklim produktif di FKUI. Semoga semakin banyak staf pengajar yang mengikuti jejak penulis yang sudah ada untuk menuliskan kompetensinya dalam sebuah buku dan berkarya untuk bangsa. [prz]

 

 

 

 

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain?Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2009 Stetoskop. All Rights Reserved.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: