Penghambat TNF-alfa untuk Asma Berat

Dulu sebelum ada bronkodilator maupun kortikosteroid inhalasi, serangan asma menjadi momok bagi penderitanya. Napas terasa berat, sesak, yang berujung pada hendaya dalam aktivitas sehari-hari. Kini penelitian asma nampak cukup menjanjikan bagi penderita asma berat. Penggunaan inhibitor TNF-α terbukti meningkatkan kualitas hidup mereka.

asthma

Asma adalah suatu penyakit inflamasi kronik pada saluran napas yang menyebabkan hiperresponsivitas saluran nafas Gejala dan tandanya yaitu bising mengi, batuk, sesak nafas dan dada terasa penuh, terutama pada malam atau dini hari. Serangan asma biasanya berupa episode berulang yang berhubungan dengan obstruksi aliran udara pernapasan. Penyebab asma berhubungan dengan genetik dan sistem imun sehingga pengobatan asma sampai sejauh ini baru pada tahap mengendalikan gejala.

Dari tahun ke tahun prevalensi penderita asma semakin meningkat. Di Indonesia, penelitian pada anak sekolah usia 13-14 tahun dengan menggunakan kuesioner ISAAC (International Study on Asthma and Allergy in Children) tahun 1995 menunjukkan, prevalensi asma masih 2,1%, dan meningkat tahun 2003 menjadi dua kali lipat lebih yakni 5,2%. Kenaikan prevalensi di Inggris dan di Australia mencapai 20-30%. National Heart, Lung and Blood Institute melaporkan bahwa asma diderita oleh 20 juta penduduk amerika.

Asma terbukti menurunkan kualitas hidup penderitanya. Dalam salah satu laporan di Journal of Allergy and Clinical Immunology tahun 2003 dinyatakan bahwa dari 3.207 kasus yang diteliti, 44-51% mengalami batuk malam dalam sebulan terakhir. Bahkan 28,3% penderita mengaku terganggu tidurnya paling tidak sekali dalam seminggu. Penderita yang mengaku mengalami keterbatasan dalam berekreasi atau olahraga sebanyak 52,7%, aktivitas sosial 38%, aktivitas fisik 44,1%, cara hidup 37,1%, pemilihan karier 37,9%, dan pekerjaan rumah tangga 32,6%. Absen dari sekolah maupun pekerjaan dalam 12 bulan terakhir dialami oleh 36,5% anak dan 26,5% orang dewasa. Selain itu, total biaya pengobatan untuk asma di USA sekitar 10 milyar dollar per tahun dengan pengeluaran terbesar untuk ruang emergensi dan perawatan di rumah sakit. Oleh karena itu, terapi efektif untuk penderita asma berat sangat dibutuhkan.

Baru-baru ini Howarth dan rekan menemukan bahwa ekspresi dari sitokin yang disebut tumor necrosis factor alpha (TNF-α) pada saluran napas berkaitan dengan tingkat keparahan asma. TNF-α adalah salah satu sitokin inflamasi yang berhubungan dengan alergi. Hasil penelitiannya memperlihatkan bahwa penderita asma berat memiliki TNF-α yang lebih tinggi konsentrasinya dibandingkan dengan orang normal. Pada penderita asma berat ditemukan bahwa tingkat ekspresi gen TNF-α lebih besar daripada pada penderita asma sedang maupun yang terkontrol, meskipun telah dilakukan terapi kortikosteroid dosis tinggi.

Penelitian Berry dan rekan kemudian membuktikan bahwa TNF-α adalah efektor utama hiperresponsivitas bronkial pada penderita asma yang sulit disembuhkan dengan terapi kortikosteroid. Namun faktor TNF-α ini tidak berlaku pada semua tipe asma. Berbeda dengan pada asma berat, pada asma sedang, jumlah TNF-αnya sama dengan penderita asma yang terkontrol.

Fakta tersebut mendorong para peneliti untuk menerapkan terapi baru untuk penderita asma berat dengan menghambat aktivitas TNF-α. Substansi yang memiliki kemampuan menghambat pengeluaran TNF-α adalah etanercept. Etanercept, adalah penghambat TNF yang pada awalnya ditujukan untuk penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis atau spondilitis ankylosing. Pada suatu uji coba untuk menilai peranan inhibitor TNF-α pada asma yang sulit disembuhkan, para ahli melakukan tes dengan memberikan TNF-α inhibitor (etanercept) kepada partisipan yang menderita asma berat. Sebagian dari partisipan diberi etanercept dua kali dalam seminggu selama 10 minggu, sebagian lagi menerima plasebo. Setelah satu bulan istirahat, dua kelompok tersebut ditukar pemberian obat dan plasebonya.

Hasil yang didapatkan menunjukkan skala kualitas hidup meningkat tujuh poin, skornya meningkat rata-rata satu poin pada mereka yang diberi etanercept dibandingkan dengan plasebo. Para ahli menjelaskan bahwa hanya mereka yang menderita asma berat yang memberikan respon terhadap etanercept, sedangkan mereka yang menderita asma ringan dan sedang tidak. Hal ini disebabkan pada kasus yang lebih ringan tidak memiliki kadar TNF-α yang tinggi bila dibandingkan dengan mereka yang menderita asma berat. Penggunaan etanercept pada penderita asma yang sulit disembuhkan dengan kortikosteroid tersebut menunjukkan hasil positif dan menurunkan hiperresponsivitas bronkial

Namun, penggunaan inhibitor TNF-α juga ternyata memiliki efek samping yang serius seperti kelainan demyelinasi, penyakit limfoproliferasi dan reaktivasi tuberkulosis. Menurut penelitian Berry dan rekan. insiden munculnya efek samping tersebut rendah sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut yang melibatkan pasien yang lebih banyak untuk menentukan apakah inhibitor TNF-α tersebut memang benar meningkatkan risiko infeksi saluran respirasi yang serius seperti pneumonia dan meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Meskipun studi awal mengenai terapi antiinflamasi untuk asma terlihat menjanjikan, namun lebih bijaksana untuk menunggu hasil penelitian lebih lanjut yang lebih besar sebelum digunakan untuk penanganan pasien secara individu. Bahkan jika penelitian yang lebih besar tersebut berhasil, terapi TNF-α -inhibitor tidak akan difungsikan sebagai terapi pengganti, tetapi akan tetap dikombinasikan dengan penanganan asma berat yang sudah ada.<Primz>

 

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain?Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2009 Stetoskop. All Rights Reserved.

One Response to “Penghambat TNF-alfa untuk Asma Berat”

  1. wijaya kusuma Says:

    untuk penderita asma saya rekomendasikan untuk minum TRANSFER FACTOR. penemuan abad ini yg meningkatkan immune system sampai 437%.
    UNTK INFO LBH LANJUT HUB SAYA DI : 081510002869


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: