Kunjungan ke RSPI Sulianti Saroso

Acara dimulai dengan sambutan dari direktur Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPI-SS), Dr. Santoso Soeroso Sp.A(K),MARS. Beliau menyampaikan sambutan sekaligus pemaparan mengenai Perspektif RSPI-SS dan Sekilas tentang Eliminasi Penyakit Infeksi Yang Terabaikan. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan sejarah pendirian, fungsi, tahap pendirian, visi dan misi masa depan RSPI-SS. Selain itu Beliau pun memaparkan tiga penyakit yang terabaikan di Indonesia yaitu Lepra, Frambusia dan Filariasis.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai flu burung oleh Dr. Sadikin Giriputro yang merupakan anggota tim KLB RSPI Sulianti Saroso. Dalam paparan yang berjudul Overview and Current Situation of Avian Influenza (H5N1) in Indonesia, beliau menjelaskan kronologis kemunculan kasus flu burung di Indonesia, presentase cara penularan, kemungkinan terjadinya kluster di Indonesia, keterbatasan pemerintah, permasalahan yang dihadapi serta status Indonesia menurut penggolongan fase pandemi dari WHO.

Masih mengenai flu burung, Dr. Sadikin Giriputro kemudian melanjutkan kuliahnya. Kali ini dengan judul Manajemen Klinis Avian Influenza. Dalam kuliahnya, beliau menjelaskan manajemen kasus flu burung, manajemen klinis, skrining penderita, perawatan suportif untuk penderita, hingga data mortalitas pada berbagai kelompok umur. Pemaparannya memberi peserta pengetahuan yang menyeluruh mengenai flu burung baik dari segi epidemiologi maupun klinis.

Kuliah terakhir pada kunjungan ini disampaikan oleh Dr. Janto G. Lingga, Sp.P. Beliau menyampaikan materi berjudul Pengetahuan Dasar HIV. Dalam kuliahnya Beliau menjelaskan patogenesis HIV-AIDS, transmisi, type virus, cara diagnosis, stadium perjalanan penyakit hingga pengobatan dengan anti retroviral. Penjelasan lengkap disertai flash yang menarik membuat peserta seperti tersihir saat mendengarkan penjelasan beliau. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Kemudian peserta dipandu melakukan kunjungan ke berbagai fasilitas di RSPI-SS diantaranya ruang pasien dan ruang perawat. Peserta dipandu untuk menyusuri bagaimana prosedur yang dijalankan di RSPI-SS. Setelah acara junjungan selesai, peserta kemudian berfoto bareng dengan staf RSPI-SS di halaman depan RSPI.

Hal yang Menarik

RSPI-SS merupakan suatu rumah sakit yang dikhususkan untuk penyakit infeksi. Tentu saja, RS ini berbeda jauh dengan rumah sakit pada umumnya. Pasien yang dirawat disini bukanlah pasien dengan penyakit ringan dan mudah disembuhkan. Namun, pasien yang mengidap penyakit mematikan dengan tingkat penularan yang cukup mudah. Sehingga di RSPI ini diberlakukan prosedur khusus yang memproteksi seaman mungkin seluruh staf yang bekerja disana.

Salah satu teknologi yang unik adalah penggunaan ruangan bertekanan rendah dan kostum mirip astronot yang dikenakan oleh perawat maupun dokter yang bekerja disana. Dengan adanya kedua teknologi tersebut, tingkat penularan infeksi nosokomial serta tingkat penularan penyakit diminimalisir.

Selain dari segi teknologi yang berbeda, RSPI ini juga unik dari segi visi dan misi pengembangan rumah sakit ke depannya. Rumah sakit ini akan dikembangkan menjadi Institut Nasional Penyakit Infeksi. Hal ini sangat luar biasa. Dengan rawannya Indonesia terkena epidemi dan pandemi penyakit infeksi, rasanya harus ada suatu institusi yang menangani khusus masalah ini. Bukan hanya dari segi penanganan medis, tapi lebih penting lagi dari segi research dan upaya pencegahan. Karena upaya pencegahan dan pengembangan teknologi harus lebih diutamakan dari hanya pengobatan.

Hal lain yang patut diacungi jempol yaitu mengenai perencanaan pengembangan rumah sakit yang pada tahun 2009 hingga 2012 akan dibangun sarana service, research, education dan network. Sebuah sarana penanganan korban yang dilengkapi dengan sarana research yang memiliki network yang luas dengan negara-negara luar akan menambah besar peran RSPI ini dalam pengembangan penanganan penyakit infeksi di Indonesia. Info lebih lengkap tentang RSPI-SS bisa diakses di http://www.infeksi.com. Primz

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain?Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2009 Stetoskop. All Rights Reserved.

One Response to “Kunjungan ke RSPI Sulianti Saroso”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: