Bank Darah Tali Pusat Indonesia Telah Resmi Dibuka!


Setelah sekian lama dinanti, akhirnya Indonesia memiliki bank darah tali pusat sendiri. Kehadiran bank darah tali pusat di Indonesia memenuhi harapan banyak kalangan yang peduli akan masa depan kesehatan anak-anak mereka.

Bank penyimpanan darah tali pusat pertama di Indonesia diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI periode 2004-2009, Siti Fadilah Supari pada tanggal 14 Oktober 2006. Bank ini beroperasi di Indonesia atas kerja sama PT. Kalbe Farma dan PT. CordLife, perusahaan Singapura yang bergerak di penyimpanan darah tali pusat. Bank ini berdiri karena permintaan masyarakat Indonesia untuk menyimpan darah tali pusat bayinya semakin banyak.

Tingginya minat masyarakat yaitu karena dengan menyimpan darah tali pusat di bank, pemiliknya dapat menggunakannya sewaktu-waktu untuk mengobati berbagai macam penyakit untuk keluarganya. Darah tali pusat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti kanker darah, sindrom kegagalan sumsum tulang, kelainan darah seperti thalasemia, kelainan metabolisme turunan, defisiensi kekebalan tubuh, jantung, dan saraf. Namun, tingkat kecocokan darah tali pusat akan berbeda untuk setiap anggota keluarga. Darah tali pusat seorang bayi, memiliki tingkat kecocokan 50%-75% jika digunakan oleh saudara kandungnya. Sementara tingkat kecocokannya hanya 25%-50% jika digunakan oleh orang tuanya.

Sebelum bank darah tali pusat ini hadir di Indonesia, kebanyakan masyarakat Indonesia menyimpan darah tali pusatnya di Singapura dan Malaysia. Di tahun 2006, sudah ada sekitar 100 orang Indonesia yang menyimpan tali pusatnya di Cordlife Singapura. Dengan adanya bank penyimpanan tali pusat di dalam negeri, masyarakat Indonesia tidak perlu lagi mengirimkannya ke luar negeri. Biaya yang dikeluarkan pun menjadi lebih murah.

Biaya untuk pengambilan darah, pemrosesan, dan penyimpanan tahun pertama di bank darah tali pusat Indonesia yaitu Rp. 9.000.000,00. Sedangkan untuk penyimpanan tahun berikutnya, tarif yang ditetapkan adalah Rp.1.250.000,00 per tahunnya. Menurut CEO Group CordLife, Steven Fang, harga tersebut lebih murah dibandingkan dengan menyimpan di luar negeri karena tidak termasuk dana pengiriman. Di Singapura misalnya, untuk proses awal dibebankan biaya 2.000 dolar Singapura dan 250 dolar Singapura per tahun untuk penyimpanan tahun selanjutnya. (info kurs 1 dolar singapura per 13 April 2010 = Rp.6.500,00). Kapasitas penyimpanan bank ini terbatas hanya untuk 30.000 unit darah tali pusat dengan kapasitas masing-masing 22,5 mililiter per unit.

Bagi Anda yang berminat menyimpan darah tali pusat buah hatinya, prosedur pertama adalah dengan mendaftarkan diri untuk menjadi anggota pada saat masa kehamilan di bank darah tali pusat Indonesia, Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 2, Pulomas, Jakarta Pusat. Kemudian beritahukan kepada dokter atau bidan dimana Anda akan melahirkan. Pada saatnya melahirkan. dokter kandungan akan siap membantu pengambilan darah tali pusat untuk kemudian diproses dan disimpan di bank darah tali pusat. [primz]

Note: Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi: PT Bintang Toedjoe (Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 2 Pulomas Jakarta Pusat, Fax: 62 21 470 1678) atau PT Cordlife Indonesia (Plaza Chase Lantai 7, Jl Jend Sudirman Kav 21 Jakarta Selatan, Fax: 62 21 521 3547).

Sumber:
1. Gizinet. Indonesia akan memiliki bank tali pusat. Diunduh dari: http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1162354190,53001,
2. Anonim. Cordlife Indonesia secara resmi beroperasi menggandeng PT Kalbe Farma Tbk. Diunduh dari: http://www.henlia.com/?p=73
3. Lampung Post. Diresmikan, penyimpan darah tali pusat. Diunduh dari: http://www.lampungpost.com/cetak/berita.php?id=2007100103353941

Artikel yang berhubungan:
* Bank Plasenta: Menabung Stem Sel untuk Masa Depan
* Kultur Stem Sel pada Lensa Kontak
* Implan Gigi Sel Punca Tumbuhkan Gigi Baru dalam Mulut
* Terapi Stem Sel :Harapan Baru yang (masih) Kontroversial

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain? Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2011 Stetoskop. All Rights Reserved.

48 Responses to “Bank Darah Tali Pusat Indonesia Telah Resmi Dibuka!”

  1. indra Says:

    apa bedanya bintang toejoe dan cordlife. ad nomor telpon ngk yang bisa dihubungi untuk bertanya?

  2. prima almazini Says:

    @ Indra:
    Telp kantor cord life indonesia : 021-5208122.

  3. Christina Says:

    Jadi sebenarnya Bank darah tali pusat itu dimana???
    Kenapa dialamatkan ke PT. Bintang Toedjoe (Jl/ Jend. ahmad Yani no.2 PuloMas)????
    Tolong informasi dengan jelas, Trims

  4. prima almazini Says:

    @ Christina:
    Cordlife Indonesia itu perusahaan yang menaungi bank darah tali pusat Indonesia. Sedangkan laboratorium tempat penyimpanan darah tali pusatnya sendiri ada di Jalan Jend Ahmad Yani No.2 Pulomas berada di dalam kompleks pabrik PT. Bintang Toedjoe.

    • muliawan Says:

      pak, saya tertarik untuk program penyimpanan darah tali pusat, yang menjadi masalah adalah total biaya yang harus saya keluarkan untuk bayi kembar yang perkirakan akan keluar bulan nopember tahun ini berapa ya biayanya secara kasar saja (untuk bayi kembar beda placenta.
      bisa minta alamat dan contact person yang ada di surabaya? karena kami tempat tinggalnya di surabaya.
      terima kasih

  5. Terapi Stem Sel :Harapan Baru yang (masih) Kontroversial « Stetoskop Says:

    […] Kur…Kekerasan pada Anak … on Pola Pembentukkan Sikap dan…prima almazini on Bank Darah Tali Pusat Indonesi…Christina on Bank Darah Tali Pusat Indonesi…mety on Pengaruh Sabun terhadap […]

  6. prima almazini Says:

    @ Muliawan:
    Tentang masalah biaya, silakan menghubungi langsung cordlife yang di Surabaya: RS Mitra Keluarga, Jalan Satelit Indah II. Darmo Satelit (Telp.: 031 772 999 23)

  7. aji Says:

    trus di indonesia rumah sakit mana aja yg bisa melakukan stemcell pada anak yg kena leukemia dengan memanfaatkan tali usat yg sdh disimpan

  8. Rini PF Says:

    Saya pikir seharusnya namanya bukan bank darah tali pusat Indonesia karena ini bank swasta (private bank) yang lokasinya di Indonesia, bikinnya mestinya public bank yg tidak perlu bayar kalau orang mau mendonorkan darah tali pusatnya untuk penggunaan transplantasi allogenik, kemingkinan penggunaan autologus kan keciiiil sekali…..

  9. Prima Almazini Says:

    @ aji:
    RSUPN Cipto Mangunkusumo sudah melakukan transplantasi sel punca pada infark jantung. Saya kurang tahu mengenai leukemia. Mungkin ada yang bisa membantu?

    @ Rini PF:
    Setuju sekali. Dengar-dengar UGM dan RS Sardjito Yogyakarta sedang membuat bank darah tali pusat milik pemerintah. Diharapkan harganya memang jauh lebih terjangkau bahkan gratis dengan subsidi dari pemerintah. Semoga saja.

  10. yusni Says:

    saya mau tanya, utk biayanya sekarang brp ya? dan per tahun nya bayar brpa? saya tinggal di Denpasar, boleh minta contact ny yg di Denpasar ya?

  11. Prima Almazini Says:

    @ yusni:
    Setahu saya belum ada perwakilan PT. Cordlife di Denpasar, baru ada di Jakarta, Medan dan Surabaya. Tapi mengenai kepastiannya, termasuk harganya yang terbaru dapat ditanyakan langsung ke kantor pusat Cordlife Indonesia.

  12. buddy asmi Says:

    Dapatkah seseorang mendaptkan donor darah tali pusat dari orang yang tidak ada hubungan genetis,dan berapa persen keberhasilannya dalam mangobati penyakit berat seperti leukimia ?

  13. Prima Almazini Says:

    @ buddy asmi:
    Darah tali pusat dapat digunakan oleh siapa saja orang lain yang tidak ada hubungan genetis apabila ada kecocokan dengan stem cell tersebut. Kecocokan ini dilihat dalam hal surface antigen yang dikenal sebagai human leukocyte antigen, atau penanda HLA. Ada enam HLA dalam tubuh kita. Tranplantasi darah tali pusar mensyaratkan minimal tiga HLA saja yang cocok.

  14. asep saepudin Says:

    Ass.Wr.Wb.
    Perkenalkan nama saya asep.s dari cikampek, saya mempunyai putri yang berusia 2.8 thn dan sama dokter di vonis Thalasemia Mayor dan harus transfusi darah setiap bulannya, maaf klo boleh tau rumah sakit mana yang bisa melaKUKAN TRANSPLANTASI DARAH TALI PUSER DAN BERAPA BIAYA? kami sudah berobat kemana mana tapi belum ada perubahan juga sama putri kami. mungkin dengan jalan transplantasi darah tali puser bisa mengakhiri penderitaan putri kami pak dan putri kami bisa hidup normal kembali seperti anak yang lain.

    mohon petunjuk dan bantuaanya..

    salam
    Asep.S_Cikampek
    Phone 085920688505

  15. Prima Almazini Says:

    Yth. Pak Asep.
    Rumah sakit yang bisa melakukan transplantasi darah tali pusat untuk Thalasemia Mayor dan terbukti berhasil yaitu Singapore General Hospital (SGH) di Singapore. Mengenai biayanya saya kurang tahu. Untuk biayanya bapak dapat menanyakan langsung ke SGH: Telp. (65) 6326 5900 atau email ims@sgh.com.sg. Untuk info rumah sakit di Indonesia dapat menghubungi Pusat Thalassemia Departemen Ilmu Kesehatan Anak, FKUI RS Dr. Cipto
Mangunkusumo. Jakarta. Tel: 021-3907744, fax: 021-3914145. Semoga ada pencerahan.

  16. nofapilana Says:

    Ass.Wr.Wb.
    Perkenalkan nama saya nofa dari jepara, saya mempunyai putri yang berusia 16bulan dan sama dokter di vonis leukemia (AML7),maaf klo boleh tau rumah sakit mana yang bisa melaKUKAN TRANSPLANTASI DARAH TALI PUSER DAN BERAPA BIAYA? kami sudah berobat kemana mana tapi belum ada perubahan juga sama putri kami. mungkin dengan jalan transplantasi darah tali puser bisa mengakhiri penderitaan putri kami pak dan putri kami bisa hidup normal kembali seperti anak yang lain.

    mohon petunjuk dan bantuaanya..

    salam
    nofapilana

  17. nofapilana Says:

    ass.wr.wb
    perkenalkan saya nofapilana dari jepara…..umur anak saya 16bulan dan divonis dokter leukemia (AML 7)….maaf klo boleh tau rumah sakit mana yang bisa melaKUKAN TRANSPLANTASI DARAH TALI PUSER DAN BERAPA BIAYA? mungkin dengan jalan transplantasi darah tali puser bisa mengakhiri penderitaan putri kami pak dan putri kami bisa hidup normal kembali seperti anak yang lain.
    wass.wr.wb.
    nofapinana_jepara
    085740618899

  18. nofa ciung Says:

    maap mau tanya,berapakah biaya untuk transplantasi darah tali pusar??
    soalnya anak saya divonis dokter leukemia (AML 7)
    trimakasih
    nofapilana

  19. yuke Says:

    cordlife yang d bandung dimana ya?
    ada yang tau?

  20. Prima Almazini Says:

    @ nofa ciung: Biaya transplantasi bisa berbeda-beda untuk setiap rumah sakit. Coba tanyakan ke rumah sakit tempat Anda akan melakukan transplantasi.
    @ yuke: Setahu saya di Bandung belum ada.

    • elis Says:

      maaf saya mau tny apa skrg cordlife msh ada dijkt?soalnya saya hub no tlp prsh tsb tdk ada yg terima..mohon dibantu krena saya berminat masuk…skrg lg hamil

  21. Devi Says:

    @elis: saya pernah denger bank tali pusar kyk Cordlife namanya Cell Safe. Coba telp 021-23585635. HTH

  22. risma Says:

    saya sdg hml 29minggu saya mau tny brp biaya pertamanya dan penyimpanannya skr?

  23. teddy tjahyadi Says:

    Saya mau tanya mengenai bank tali pusat
    harus menghubungi kemana?no telp?
    kalau saya ingin konsultasi harus kemana?
    karna saya orang daerah
    trims

  24. echi Says:

    saya mau tanya penyimpanan itu untuk jangka waktu brp lama pak? maksudnya kita bisa simpan sel tali pusat itu bisa seumur hidup atau ada kadaluarsanya? tksh

    Echi

  25. Prima Almazini Says:

    @ risma dan teddy: coba hubungi telp kantor cord life indonesia : 021-5208122.
    @ echi: penyimpanannya bisa seumur hidup

  26. maggie Says:

    saya jg pernah dpt info dr pak ichsan marketing cryocord, apakah sama saja seperti cord life mas, tlng infonya? thanx

  27. bayu Says:

    Semoga benar-benar bermanfaat bagi masa depan anak yang bersangkutan

  28. Kartika Prabawa Says:

    Perkenalkan nama saya Tika, usia kehamilan saya sudah 7 bulan, sudah lama saya cari info ttg bank darah tali pusat ini. Untuk bisa menyimpan darah tali pusat, apakah saya harus melahirkan di RS yg jadi rekanan cordlife saja atau bisa jg di RS yang saya inginkan? Menurut info yg saya dapat, cordlife tidak mau menyimpan darah yg terkontaminasi,kalu ternyata darah tali pusat anak saya terkontaminasi apakah tetap dikenakan biaya penuh?

  29. ira novita Says:

    kl utk dewasa yg menderita spinal cord injury, bs kah transplantasi sarah tali pusar ini membantu?

  30. didin Says:

    untk mndapatkan donor darah tali pusar di surabaya di rumah sakit mana trs alamat lengkpnya,
    rlng hbngi
    085221961054

  31. Syafi Alhafidz Says:

    Syukur Allhamdulillah klu memang bener2 terbukti kebenaran_a,…
    Yg jd pertanyaan saya untuk wilayah medan sekitar_a gmn tu alamat_a yg bisa saya kunjungi??…
    Tolong ya penjelasan_a untuk siapa saja yg tahu !…
    Sebelum dan sesudah_a say ucapkan terimakasih,…….:)

    • megaloman Says:

      kemarin sepupu saya kelahiran di RS Husada Utama Surabaya, dia pake Cellsafe, harganya lebih murah daripada cordlife, servicenya juga ok, cellsafe bisa simpen di RSCM jakarta atau di malay, kalo saya baca brosurnya sih ada di Medan coba searching di google kali” ada no telpnya

  32. pendonor Says:

    Saya mempunyai steem cell anak sy dengan jumlah sel yg cukup byk menurut sertifikat cordlife nya berjumlah 5juta sel, Sy berminat untuk mendonorkannya bagi yg membutuhkan, Silahkan contact sy di cool_male_deh@yahoo.com

    • Lily Says:

      mba,
      saya di bali, kalau saya mau tau tentang cordlife ada contact person yang mungkin bisa memberi saya informasi ngga mba tentang cordlife ini?
      terima kasih atas infonya

  33. devina hartono Says:

    2 bulan lalu saya lahiran anak di RS Darmo sby, saat itu saya juga menyimpan darah tali pusat di Cellsafe,wktu itu saya bingung mau nyimpen di bank darah mana,atas saran dari temn saya yg uda pernah pake cellsafe mending simpen di Cellsafe aja,dia cabang dari Malaysia,drpada di CL yg katanya skrg mulai drop karena uda ga kerja sama dengan kalbe, waktu itu saya pilih simpan di Jakarta (RSCM), emng bener servicenyaa oke punya, saat lahiran dokternya belom sampai tapi si petugas dari cellsafe nya uda sampai duluan, cellsafe jg ada kerjasama sama kimia farma, jd sy lebih lebih yakin karena si kimia farma kan BUMN, selain itu di cellsafe ada asuransinya penggantian sampai dengan 200jt, sehari setelah lahiran saya langsung di hub oleh petugasnya kalo jumlah sel darah tali pusatnya dapet 674juta sel (minim 200jt sel), pokonya oke deh pake cellsafe.

    • Lily Says:

      hi ibu devina,
      saya di bali, bagaimana ya caranya saya tau informasi tentang cellsafe ini?ada no telp, website atau contact person yang bisa membantu saya untuk informasi lengkapnya?
      terima kasih banyak atas bantuannya…

  34. Nina Mariani Says:

    saya mau nanya, tafsiran partus saya bln juni,klo saya mau nyimpan steem cell anak saya nantinya gmna ya krn saya tgl di pekanbaru,riau.

  35. Menguak Rahasia Darah Tali Pusat | Secret Rhapsody Says:

    […] ini sudah ada di Amerika Serikat, beberapa negara di Eropa, China, Singapore dan yang terbaru di Indonesia. Untuk artikel lebih lengkap klik […]

  36. Elita Says:

    saya mau minta no contact untuk cordlife yang di medan

  37. Dian Andriana Says:

    Apakah penggunaan jenis darah sel punca dari seseorang bisa digunakan pada orang tang berbeda?

    Trimakasih.
    Mhn ijin kalau ada info, share ke e_mail : dian.andriana2005@gmail.com

    • Prima Almazini Says:

      @ dian: Darah tali pusat dapat digunakan oleh siapa saja orang lain yang tidak ada hubungan genetis apabila ada kecocokan dengan stem cell tersebut. Kecocokan ini dilihat dalam hal surface antigen yang dikenal sebagai human leukocyte antigen, atau penanda HLA. Ada enam HLA dalam tubuh kita. Tranplantasi darah tali pusar mensyaratkan minimal tiga HLA saja yang cocok.


Leave a Reply

