Implan Gigi Sel Punca Tumbuhkan Gigi Baru dalam Mulut

Dr. Jeremy Mao telah menemukan sebuah teknik peletakkan sel punca ke dalam sebuah rangka yang akan membantu proses regenerasi gigi baru.

Rangka tiga dimensi tempat pertumbuhan sel punca

Hilangnya gigi adalah suatu bentuk deformitas minor dan sebuah penyebab nyeri yang mayor. Meskipun implan gigi sudah tersedia, proses penyembuhan dapat menghabiskan waktu beberapa bulan sampai sembuh. Dan implan yang gagal bersatu dengan tulang rahang yang tumbuh terus menerus cenderung untuk lepas.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Dental Research, teknik regenerasi jaringan baru akan memudahkan orang untuk menumbuhkan kembali set baru lapisan putih mutiara.

Dr. Jeremy Mao, Profesor Kedokteran Gigi di Columbia University Medical Center telah membuat rangka tiga dimensi dengan faktor pertumbuhan di dalamnya yang memiliki kemampuan melakukan regenerasi anatomi gigi yang benar hanya dalam sembilan minggu setelah implantasi. Dengan menggunakan prosedur yang dikembangkan di Laboratorium Kedokteran Regenerasi dan Teknik Jaringan milik universitas, Dr. Mao dapat menyimpan sel punca yang berasal dari tubuh sendiri di sebuah rangka yang terbuat dari bahan alami. Sekali sel punca tersebut telah berkolonisasi di dalam rangka, gigi dapat tumbuh pada soket dan kemudian bergabung dengan jaringan sekitarnya.

Teknik dr. Mao tidak hanya mengurangi kebutuhan untuk menumbuhkan gigi di cawan Petri, tetapi juga merupakan metode pertama yang efektif untuk mendapatkan regenerasi dari anatomi gigi yang benar dengan menggunakan sumber daya dari tubuh sendiri. Faktor waktu pemulihan lebih cepat dan dari segi prosesnya lebih alami (berlawanan dengan implantasi gigi) serta secara massal akan mengundang banyak orang untuk melakukan perawatan gigi.

Universitas Kolumbia telah mendaftarkan paten terhadap teknologi ini dan sedang mencari perusahaan untuk membantu proses komersialisasinya. Sementara itu, dr. Mao saat ini sedang mengembangkan bagaimana pendekatan terbaik untuk mengaplikasikan tekniknya untuk diterapkan menjadi terapi klinik yang murah. [primz]

Sumber:
1. Ngo D. 2010. Stem-cell dental implants grow new teeth right in your mouth [citated June 12, 2010]. Columbia University Medical Center.
2. Gambar diambil dari: http://images.gizmag.com/hero/implant.jpg

Artikel yang berhubungan:
* Kultur Stem Sel pada Lensa Kontak
* Terapi Stem Sel: Harapan Baru yang (Masih) Kontroversial
* Mencegah Infeksi Fokal pada Gigi

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain?Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2010 Stetoskop. All Rights Reserved.

5 Responses to “Implan Gigi Sel Punca Tumbuhkan Gigi Baru dalam Mulut”

  1. Terapi Stem Sel :Harapan Baru yang (masih) Kontroversial « Stetoskop Says:

    […] Depan – Kultur Stem Sel pada Lensa Kontak – Bank Darah Tali Pusat Indonesia Telah Resmi Dibuka – Implan Gigi Sel Punca Tumbuhkan Gigi Baru dalam Mulut Simpan halaman ini dalam […]

  2. sonafri Says:

    sangat dinantikan, akan banyak orang yang akan menumbuhkan kembali giginya, kapan ya sampai di indonesia ?

  3. Yanyan Says:

    ia… kalo ada di Indonesia sy mau… krn sy punya keluhan gigi ompong yg ingin diimplant gigi.. apakah sdh ada teknologi ini di Indonesia…. ditunggu

  4. Amiee Yammie Luphv Says:

    saya baru mengalami keompongan,saya sangat menginginkan implan gigi ne smpai di indonesia,dan dokter2 nya juga terlaten dan menjamin pertumbuhan gigi tsb…..

  5. nuraeni Says:

    aduuuhhh…

    kira” kalau umur saya sudah lebih dari 15 tahun,
    gigi saya akan tumbuh lagi nggax yachh…???


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: