[NOTES] Souvenir untuk Penulis Tamu

Souvenir majalah CDK berupa kaos, flash disk, majalah CDK, dan honor tulisan

Mengenang saat masih terjun di ranah jurnalistik kampus, hal yang sering kurang diperhatikan oleh badan jurnalistik kampus adalah souvenir untuk penulis tamu. Penulis tamu adalah penulis yang bukan merupakan anggota redaksi dari badan jurnalistik yang bersangkutan. Padahal penulis tamu adalah aset berharga untuk memperkaya content sebuah media jurnalistik yang bersifat internal.

Hal itu ditenggarai karena badan jurnalistik kampus adalah badan nonprofit sehingga kendala utamanya ada di dana. Hal tersebut berbeda dengan badan penerbitan media yang profesional dan bersifat profit seperti Majalah Cermin Dunia Kedokteran yang berada di bawah perusahaan Kalbe. Setelah merasakan tulisan saya dimuat di majalah CDK saya dibuat senang dengan souvenir yang diberikan oleh redaksi CDK. Bila ada sejawat yang bertanya, apa sih enaknya menulis? Salah satu jawabannya adalah mendapatkan kenang-kenangan apabila tulisan kita dimuat di majalah/surat kabar.

Kembali ke badan jurnalistik kampus, solusi yang dapat dijalankan adalah dengan mengalokasikan dana yang cukup untuk membuat souvenir untuk penulis tamu. Beberapa souvenir yang biasa diberikan adalah pena, jam dinding, buku notes, pembatas kertas, dan alat-alat tulis lainnya. Sebaiknya tak hanya satu barang tapi minimal dua. Pemberian honor penulis berupa uang memang belum lazim, namun apabila bisa dilakukan tentu akan semakin baik lagi. Souvenir yang unik dan menarik akan menumbuhkan minat penulis dari fakultas bahkan universitas lain untuk mengirimkan artikel-artikelnya ke media jurnalistik kampus. Banyaknya tulisan dari luar akan meningkatkan kualitas isi media secara keseluruhan.

Tulisan yang berhubungan:
* [NOTES] Majalah Cermin Dunia Kedokteran
* [NOTES] Majalah CDK Agustus Sudah Terbit

Copyright © 2007 – 2010 Stetoskop. All Rights Reserved.

2 Responses to “[NOTES] Souvenir untuk Penulis Tamu”

  1. mylearningissue Says:

    kayaknya mulai bulan ini aku juga jadi mikir ttg souvenir dan reporter of the month. semoga saja jadi memotivasi teman-teman yang lain.

    menurut pengalaman aa, kalau misalnya diiming-imingi biasanya reporter jadi lebih kompetitif ga?

    *mulai berpikir sedikit licik. hohoho (ga penting)

  2. berkarya merajut harapan Says:

    congratz. dapet flash disk ya skrg🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: