Tips dan Trik : Menghadapi Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI)

Pendaftaran :

1. Dapatkan informasi mengenai persyaratan dan waktu terakhir pengumpulan berkas pendaftaran dari fakultas ataupun dari Sekretariat Komite Bersama UKDI.

2. Isi formulir dengan benar dan lampirkan persyaratan lainnya. Kemudian susun berdasarkan urutan sesuai dalam ketentuan dari Panitia UKDI. (Unduh: Formulir 1a, Formulir 1b, Cara Pengisian Formulir, Pedoman Pendaftaran UKDI)

Persyaratan UKDI (klik untuk memperbesar gambar)


3. Kumpulkan berkas pendaftaran secara kolektif ataupun sendiri ke Sekretariat Komite Bersama UKDI:

Jalan Sam Ratulangi No. 29, Jakarta 10350; Telp. 021-3908435, 3922923; Fax. 021-3908435, 3140816; Email: komitebersama@yahoo.com

4. Satu minggu setelah batas terakhir pengumpulan, setiap pendaftar akan diberikan lembar tanda bukti pembayaran dari panitia UKDI. Lembar tersebut nanti akan ditukarkan dengan kartu tanda peserta pada H-1 UKDI.

Persiapan Materi :

1. Belajar mengulang kembali materi-materi kuliah kedokteran. Mengulang kembali hal-hal yang terlupa dan melengkapi kembali kepingan-kepingan puzzle materi di otak yang telah hilang karena lupa.

2. Belajar soal-soal UKDI dan soal Try Out UKDI periode yang sebelumnya. Berlatih mengerjakan 200 soal dalam 200 menit seperti UKDI yang sebenarnya. Belajar mengerjakan soal dimaksudkan untuk mengenali tipe soal, menguatkan penguasaan materi, dan melatih kecepatan mengerjakan soal.

3. Menurut pengalaman, soal UKDI yang mengulang dari Try Out UKDI kurang dari 25%. Akan selalu ada soal-soal baru setiap UKDI diselenggarakan. Sebagai gambaran, pada UKDI bulan Agustus 2010, hanya sekitar 30 soal dari 200 soal yang mengulang dari Try Out UKDI Juli 2010.

Menjelang UKDI :

1. Satu hari sebelum pelaksanaan UKDI ada briefing di tempat ujian masing-masing. Perlengkapan yang perlu dibawa: lembar tanda bukti pembayaran dari panitia UKDI dan kartu tanda pengenal (SIM/KTP).

2. Pastikan dimana ruang tempat ujian sehingga pada hari-H tidak perlu repot-repot mencari.

3. Malamnya tidur lebih awal dan sarapan dahulu pagi harinya agar tidak lemas dan konsentrasi tetap terjaga selama mengerjakan 200 soal.

4. Berdoa dan meminta doa kepada orangtua.

Saat UKDI:

1. Pada hari-H UKDI dilarang memakai jaket, celana jins, kaos, dan sendal. Membawa alat tulis sendiri tidak boleh meminjam teman. Membawa kartu peserta ujian serta kartu tanda pengenal (KTP/SIM). Tidak boleh menggunakan jam tangan. Izin keluar ke kamar kecil hanya boleh satu kali.

2. Datang 1 jam sebelum waktu ujian. Ponsel ditaruh di dalam tas dalam keadaan dimatikan.

3. Mengisi semua identitas pada lembar jawaban dengan lengkap dan benar dengan menggunakan pensil 2B. Kosongkan bagian tanda tangan karena pengisian kolom tanda tangan menggunakan ballpoint dari pengawas. Ada 4 kolom tanda tangan yang harus diisi dibawah pengawasan pengawas ujian yaitu di lembar jawaban, di buku soal, di daftar hadir, dan di kartu peserta yang ditempel di atas meja.

4. Periksa dan pastikan kelengkapan setiap halaman soal UKDI.

5. Kerjakan mulai dari soal yang mengulang dahulu atau yang mudah dahulu.

6. Sebaiknya jangan hanya menandai jawaban tetapi langsung menghitamkan jawaban di lembar jawaban untuk menghemat waktu. Apabila ada soal yang tidak bisa dijawab langsung, maka perkecil kemungkinan jawaban menjadi hanya 2 pilihan dan tandai dengan tanda titik pada pilihan jawaban di lembar jawaban. Kemudian lingkari nomor soal yang belum terjawab di lembar soal dengan pensil. Hapus tanda di lembar soal bila jawaban sudah terjawab.

7. Baca setiap soal dengan baik. Ketahui dengan pasti apa yang ditanyakan oleh soal dan perhatikan kata kunci dari setiap soal yang akan mengarahkan pada jawaban. Semua soal UKDI berupa soal cerita dengan 5 pilihan jawaban A, B, C, D, dan E. Soal UKDI dibuat tidak menjebak, tidak bertele-tele, dan tidak mengandung kata ‘selalu’ atau ’tidak pernah’. Setiap pilihan jawaban soal UKDI dibuat sama panjang dengan informasi yang memang mendukung pada jawaban pertanyaan dan dengan kata kunci yang jelas pada setiap soal. Apabila kita bisa menemukan kata kunci dari soal cerita yang panjang, kita dapat dengan mudah menemukan jawabannya.

8. Kerjakan soal dengan teliti dan cermat. Jangan mencoba mencontek atau bekerjasama dengan teman karena apabila terlihat oleh pengawas akan langsung dinyatakan tidak lulus tanpa teguran lebih dahulu.

9. Di sepuluh menit terakhir periksa kembali identitas di lembar jawaban sudah terisi lengkap dan benar, semua jawaban telah terisi, dan semua lingkaran sudah dibulatkan hitam sempurna.

Semoga berguna!

(Berdasarkan pengalaman pribadi pada UKDI 14 Agustus 2010)

Tulisan yang Berhubungan:
* Tips dan Trik: Bagi Dokter Fresh Graduate
* Tips dan Trik: Bila Menjadi Tim Medis Aksi

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain? Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2010 Stetoskop. All Rights Reserved.

One Response to “Tips dan Trik : Menghadapi Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI)”

  1. lindung Says:

    thanks info nya gan.
    klo ada,blh minta soal2 try out/contoh soal nya gan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: