Peta Otak Manusia Selesai Dalam 5 Tahun

Peta jalur saraf di dalam otak apabila dipetakan dan diberi warna-warna dan kode sesuai jenis sarafnya akan menjadi pemandangan yang sangat indah.

Otak manusia tak hanya canggih tapi juga indah

Dalam membuat peta planet bumi, butuh penjelajahan selama ribuan tahun sehingga didapatkan secara rinci peta setiap sudut, celah, dan jurang di planet bumi. Saat ini, sebuah konsorsium peneliti dari seluruh Amerika Serikat akan mencoba untuk memetakan seluruh otak manusia hanya dalam waktu lima tahun. Total biaya untuk proyek ini adalah 30 juta dolar Amerika dan ditargetkan hanya dalam setengah dekade. Dana proyek ini sendiri berasal dari berbagai badan dalam National Institute of Health (NIH).

Human Connectome Project (HCP) bertujuan untuk membuat peta pertama dari sirkuit kompleks otak dan merinci setiap koneksi yang menghubungkan ribuan berbagai wilayah di otak. Tim HCP terdiri dari 33 orang peneliti dari sembilan lembaga yang berbeda, diantaranya dari Washington University School of Medicine di St Louis dan University of Minnesota. Kedua universitas tersebut menjadi pemimpin penelitian dan menjadi tempat dalam melakukan proses pemindaian otak.

Proyek ini setidaknya akan memetakan 90 miliar neuron besar, tetapi bahkan angka tersebut tidak bisa menggambarkan betapa besarnya dan kompleksnya otak manusia. Di dalamnya ada 150 triliun sinapsis yang harus dipetakan. Neuron dan hubungan diantara mereka membentuk sirkuit otak, dan HCP bertujuan untuk menciptakan gambaran yang lebih baik dari sirkuit itu daripada yang pernah ilmuwan miliki sebelumnya.

Proyek ini bertujuan untuk memanfaatkan seni teknologi pemindaian otak, termasuk pencitraan difusi, berbagai metode MRI, dan magnetoencephalography untuk memetakan otak bukan hanya menggambarkan bagaimana pesan dibawa melalui otak, tetapi bagaimana berbagai daerah di otak dapat bekerja sama dalam suatu network dan kumpulan dari network untuk mencapai kompleksitas yang ada di pikiran manusia.

Peneliti HCP mengatakan bahwa hasil akhirnya akan menjadi platform terbuka yang dapat digunakan oleh para neuroscientist untuk menguji teori, hipotesis, dan temuan mereka sendiri. Seperti peta dalam kehidupan nyata, peta ini pun harus membantu para ilmuwan dalam menemukan jalan untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana otak bekerja serta bagaimana mengobati gangguan saraf yang rumit.

Sumber:
1. Dillow C. The Human Connectome Project Is a First-of-its-Kind Map of the Brain’s Circuitry [citated September 23, 2010]. Available from: popscience.com
2. Gambar diambil dari: popscience.com

Artikel yang Berhubungan:
* Mengintip Upaya Ilmuwan Membuat Otak Manusia

Post artikel ini di tempat lain? Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2010 Stetoskop. All Rights Reserved.

3 Responses to “Peta Otak Manusia Selesai Dalam 5 Tahun”

  1. Alfi Says:

    Prim, kayanya di dept neuro dan bedah saraf, untuk kasus tumor tertentu, sebelum dilakukan operasi, ada brain mapping dulu,tp hanya untuk pusat bahasa

  2. erni Says:

    apakah warna pada gambar tersebut memiliki maksud??

  3. Prima Almazini Says:

    @ Alfi:
    Trims atas infonya🙂

    @ erni:
    Warna tersebut hanya digunakan untuk membedakan antara neuron yang satu dengan yang lain.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: