NDM-1, Strain Bakteri Resisten Terhadap Semua Antibiotik

Staphylococcus aureus sedang diuji resistensi bakteri

Baru-baru ini ditemukan mutasi baru yang membuat bakteri resisten terhadap semua antibiotik yang telah diketahui saat ini dan telah menyebar luas di Inggris dan Amerika Serikat, berdasarkan pada laporan terbaru di Lancet. Saat ini pengetahuan kedokteran modern belum dapat melakukan apa-apa untuk mencegah penyebarannya.

NDM-1 (New Delhi Metallo Beta Laktamase) adalah mutasi gen yang terjadi pada sebagian besar bakteri yang berbahaya seperti E. coli dan Klebsiella pneumoniae dengan resistensi yang bahkan tahan terhadap karbapenem, antibiotik yang digunakan sebagai senjata terakhir saat sebagian besar obat antibiotik sudah tidak memberikan efek. Kabar buruknya adalah bahwa gen tersebut telah ditemukan di plasmid. Penyebaran interkontinental sudah terjadi yang diduga bersamaan dengan wisata medis.

Sampai saat ini belum ada antibiotik yang memiliki aktivitas melawan enterobactericeae yang memproduksi NDM-1. Ini adalah untuk yang pertama kalinya ada pada kondisi seperti ini dan dengan bakteri tipe ini. Namun kita harus melihat dari persepsi berbeda. Terdapat banyak bakteri resistensi tinggi saat ini dan setiap saat ada satu bakteri baru yang menjadi resisten, keadaan bencana diumumkan hanya agar kemudian dapat diturunkan menjadi ‘mengancam’ tetapi bukan situasi medis yang kritis. Mutasi gen yang lain pun pernah dialami rumah sakit New York satu dekade yang lalu dan saat petugas memberi perhatian lebih pada strain infeksius tersebut, kota New York dan dunia tidak mengalami bencana kesehatan masyarakat.

Hal yang menyulitkan adalah bahwa gen tersebut sangat mudah berpindah dan belum ada terapi yang dapat melawan NDM-1 atau memperlambat penyebarannya. Di lingkungan rumah sakit banyak senjata namun tidak ada pelurunya. Alternatif antibiotik seperti bakteriofag mungkin efektif dalam mengerem bakteri NDM-1 tetapi dalam standar praktik kedokteran antibiotik adalah senjata untuk melawan infeksi bakteri dan bahkan jika terapi eksperimen ditemukan efektif hal itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dibuktikan dapat digunakan untuk penggunaan secara luas.

Sumber:
1. Dillow C. A New Superbacteria, Immune To Most Antibiotics, Found Spreading Fast [citated August 30, 2010]. 2010. Available from: http://www.popscience.com
2. Gambar diambil dari: popscience.com

Artikel yang Berhubungan:
* Terapi Alternatif untuk Bakteremia
* Ilmuwan Membuat Sel Sintetik Pertama di Dunia
* Nobel Kedokteran 2009: Misteri Telomer Terpecahkan

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain? Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2010 Stetoskop. All Rights Reserved.

One Response to “NDM-1, Strain Bakteri Resisten Terhadap Semua Antibiotik”

  1. nuraeni Says:

    Perbanyak antibiotik agar tidak ada bakteri
    yang hinggap di lingkungan sekitar kehidupan kita….
    kita basmi semua bakteri dengan menggunakan
    antibiotik..:)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: