Tips Healthy and Safety Riding


Sebelum Mengendarai Sepeda Motor

1. Gunakan peralatan lengkap untuk melindungi diri Anda dari kepala sampai kaki saat mengendarai motor: helm standar, sarung tangan, rompi pelindung dada, sepatu, celana, jaket, kaus kaki, dan kaca mata. Hindari menggunakan jeans, T-shirt dan sandal.

2. Pastikan sepeda motor dalam kondisi yang baik dan layak jalan. Lakukan pemeliharaan secara teratur dan berkala. Pastikan hanya membeli spare parts kendaraan dengan kualitas terbaik.

3. Hindari minum alkohol dan obat-obatan sebelum mengendarai sepeda motor. Zat-zat tersebut dapat membuat mengantuk dan menurunkan konsentrasi dan mengurangi kemampuan Anda dalam mengemudikan sepeda motor. Akibatnya risiko kecelakaan yang akan membahayakan hidup Anda dan orang lain meningkat.

4. Pastikan tangki bahan bakar penuh dan lebih dari cukup untuk membawa Anda ke tujuan dan kembali ke rumah.

Peralatan yang Sebaiknya Ada di Sepeda Motor

1. Peta kecil. Ketika melakukan perjalanan jauh, Anda mungkin tidak memiliki banyak ruang untuk membawa sebuah atlas besar. Membawa peta-peta kecil untuk daerah yang dituju sangat membantu.

2. Lap kaca kecil. Ini dapat digunakan untuk membersihkan debris pada perisai transparan pada helm atau sepeda motor pada keadaan darurat yang jauh dari pom bensin atau tempat istirahat.

3. Lampu flash. Sama seperti pengemudi mobil, jika terjadi sesuatu pada sepeda motor Anda saat berkendara di malam hari, Anda memerlukan lampu senter untuk mencari tahu apa yang terjadi.

4. Handuk kecil. Ini berguna bagi pengendara saat hujan atau banjir sehingga Anda dapat mengelap kursi dan celana Anda sehingga tidak basah.

5. Jas hujan. Ini berguna untuk melindungi badan saat hujan turun.

6. Perkakas motor secukupnya.

Obat-obatan yang Sebaiknya Ada di Sepeda Motor

1. Ibuprofen. Perjalanan jauh dapat menyebabkan nyeri otot dan atau kekakuan. Sebuah relaxan otot seperti ibuprofen yang diminum sebelum tidur dapat membantu pengendara lebih nyaman dan siap mengemudi lagi saat bangun.

2. Tetes mata. Perjalanan jauh juga dapat menyebabkan mata merah dan kering. Pada keadaan ini tetes mata akan sangat membantu.

3. Krim nyeri otot. Ini berguna saat perjalanan jauh dimana pengendara sering mengalami nyeri otot dan atau kekakuan.

4. Krim pelembab. Ini berguna untuk melindungi kulit dari kekeringan akibat cuaca panas.

5.Peralatan P3K secukupnya. Ini berguna untuk mengobati luka.

Cara Merawat dan Melindungi Kulit Pengendara Motor

1. Kulit adalah bagian yang tubuh yang terbuka dan sangat terpengaruh saat mengendarai sepeda motor terutama saat kecepatan tinggi.

2. Menggunakan helm yang melindungi wajah sehingga melindungi kulit wajah dari angin dan pecahan-pecahan yang sering beterbangan di jalan.

3. Bila cuaca sangat buruk, tutupi kulit dengan lebih dari sekedar helm. Gunakan jaket kulit, sarung tangan, bahkan syal untuk meminimalkan pajanan kulit saat mengendarai sepeda motor.

4. Pada cuaca yang sangat panas, gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Simpan beberapa tabir surya di bagasi motor. Apabila diperlukan sediakan juga gel lidah buaya, bila kulit Anda sering merasa kering. Jangan jadikan kulit Anda sebagai jaket kulit Anda.

5. Bibir bisa pecah-pecah saat mengendarai sepeda motor. Lindungi bibir dengan Lip Balm yang mengandung tabir surya.

6. Pakai celana dan sepatu agar kulit kaki tidak terkena efek panas mesin.

7. Pada perjalanan jauh, dapat terjadi kelembaban berlebihan pada daerah bagian bawah tubuh. Gunakan bedak bayi atau produk khusus lain dan simpan beberapa di bagasi motor.

Cara Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Kecelakaan Sepeda Motor

1. Sebagai pengemudi sepeda motor, Anda harus mengutamakan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas daripada menghindari jatuh dari sepeda motor. Apabila terjadi tabrakan, cara untuk menghindari kerusakan yang serius adalah mempersiapkan diri untuk menjatuhkan sepeda motor Anda ke tanah. Saat terjadi tabrakan, adalah tidak mungkin Anda dapat mengubah arah sepeda motor sehingga menjatuhkan sepeda motor adalah langkah yang lebih aman.

2. Saat akan terjadi tabrakan, reaksi alami kita adalah menurunkan gigi dan mengerem. Hal tersebut akan membuat Anda terlempar ke atas. Cedera serius dapat terjadi jika Anda terlempar dari sepeda motor dan berguling-guling di lapangan, membentur pohon atau benda keras lain.

3. Jika Anda berada dalam situasi sudah terjatuh dan terlempar dari sepeda motor, pastikan tidak langsung berdiri terlalu cepat karena tubuh cenderung masih bergerak.

4. Jika terjadi gejala mual, muntah, dan sakit kepala menandakan ada gejala cedera kepala maka harus secepatnya dibawa ke rumah sakit. Karena kecelakaan sepeda motor sangat tidak terduga, sangatlah penting memakai alat pelindung setiap kali mengendarai sepeda motor dan memperhatikan kaidah safety riding.

Sumber:
1. Journal of Sport Medicine
2. Situs: http://www.associatedcontent.com
2. Gambar diambil dari http://www.google.com

(Artikel ini dapat diunduh dalam bentuk leaflet di sini.)

Artikel yang Berhubungan:
* Sepeda Motor: Antara Manfaat dan Risiko

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain? Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Copyright © 2007 – 2011 Stetoskop. All Rights Reserved.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: