Aplikasi Nutrigenomik dalam Terapi Penyakit

Human Genome Project (HGP) telah memetakan 30.000 gen pada DNA manusia. Salah satu dampak dari penemuan pengetahuan baru tersebut adalah berkembangnya cabang ilmu baru yaitu nutrigenomik.

Nutrigenomik berasal dari dua kata yaitu nutrisi dan gen. Nutrigenomik adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara nutrisi dan genetik. Ilmu ini memberikan penjelasan bagaimana nutrisi bekerja di tingkat genetik. Setiap orang memiliki susunan genetik yang khas yang berbeda dengan orang lain. Oleh karena itu, pemberian nutrisi yang sama pada setiap orang akan memberikan efek yang berbeda.

Kaitan ini terlihat dalam pengaruh makanan terhadap alergi dan kegemukan (obesitas). Ada orang yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu dan ada yang tidak. Begitupula ada orang yang mudah menjadi gemuk atau kurus dan ada pula yang tidak.

Saat ini para ilmuwan sudah menemukan gen-gen yang mempengaruhi obesitas yaitu LEP, LEPR, PC1, MC4-R, NROB2, dan POMC. Sebuah terapi bisa jadi lebih efektif atau kurang efektif pada seorang pasien obesitas bergantung pada profil genetiknya. Misalnya, terapi leptin akan efektif pada pasien yang terdapat mutasi pada gen leptin. Nutrigenomik membantu dokter untuk memilih pengobatan yang bersifat individu berdasarkan pada profil genetik pasien.

Lokasi Gen Obesitas dalam Kromosom

Gambaran Fenotip Utama Obesitas pada Manusia

Contoh aplikasi lainnya adalah dalam bidang sport nutrition. Berbekal teknologi analisa genetik, peneliti di bidang sport nutrition dapat mengetahui dengan pasti apa yang terjadi dalam sel otot saat dan setelah olahraga intesif dan bagaimana performa dan pemulihannya dapat diperbaiki. Bagian paling penting dalam bidang baru ini adalah pertumbuhan dan kekuatan otot. Dengan bantuan teknik genetik molekuler, dokter dapat menentukan sumber protein dan mikronutrien terbaik untuk membantu perkembangan otot.

Terapi Nutrigenomik Berbasis RNA

Pada tahun 2004, dr. Ami Yasko, Ph.D, N.D. seorang molecular biologist telah sukses besar dalam menerapkan terapi nutrigenomik berbasis RNA untuk mengobati autisme. Dr. Yasko telah menemukan bahwa toksin dari lingkungan, toksisitas logam berat, infeksi virus kronik, radang dan defisiensi genetik sebagai penyebab utama autisme. Dia telah berhasil menyembuhkan banyak anak autism dengan suplemen gizi berbasis RNA sehingga diberi nama terapi nutrigenomik berbasis RNA.

Tahap-tahap terapi Autisme dr. Yasko meliputi pemetaan genetik untuk menentukan program nutrisi, program pembersihan usus besar, detoksifikasi logam berat, pembuangan toksin lingkungan, menghambat inflamasi, dan memanfaatkan dukungan nutrisi berbasis RNA untuk mengkoreksi mutasi genetik dan memperbaiki tautan genetik yang lemah. Memperbaiki defek DNA yang spesifik adalah target utama terapi gen tetapi ini tidak dipakai dalam aplikasi klinik. Lebih masuk akal dan lebih mudah untuk mengkoreksi masalah pada tingkat RNA. Mengkoreksi seluruh defek DNA tidak praktis secara klinik. Namun, memberikan pengganti nukleotida RNA spesifik untuk memperbaiki defek cetakan asli DNA dapat dilakukan oleh terapi berbasis RNA dr. Yasko.

Nutrigenomik yang sekarang sedang berkembang mengubah arah penelitian dan praktik pengaturan nutrisi. Meskipun ahli nutrisi saat ini sudah dapat memberikan rekomendasi nutrisi secara personal, namun di masa depan mereka akan menggunakan pengetahuan ini untuk meningkatkan kualitas rekomendasi nutrisi untuk populasi.

Artikel yang berhubungan:
* Peta Genom: Peta Terhebat yang Pernah Ada
* Pro dan Kontra Rekayasa Genetika
* Nobel Kedokteran 2009 : Misteri Telomer Terpecahkan

Sumber:
1. Edward, K.L. 2011. Obesity, nutrient, and nutrigenomic [citated October, 2011]. Available from: http://depts.washington.edu/cgph
2. Iis. 2010. Nutrigenomik dan perkembangannya [disitasi September 2011]. Diunduh dari: http://bataviase.co.id/node/449611
3. Gambar diambil dari: Loos, R. J. and C. Bouchard (2003). J Intern Med 254(5): 401-25 dan http://www.artikelmagazin.de.

Simpan halaman ini dalam PDF?

Post artikel ini di tempat lain? Bookmark and Share

Seluruh artikel di myhealing.wordpress.com dapat Anda perbanyak dan digunakan untuk keperluan apapun, asal tetap mencantumkan sumber URL. Silakan berikan rating untuk artikel ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: